Saturday, June 16, 2012

Entamoeba gingivalis




Entamoeba gingivalis merupakan protozoa non patogen [kutipan diperlukan] (dilaporkan oleh beberapa orang untuk menyebabkan penyakit)  dan dikenal sebagai amoeba pertama pada manusia untuk dijelaskan.
Hal ini ditemukan di mulut antara kantong gingiva dan dekat pangkal gigi. Entamoeba gingivalis ditemukan pada 95% orang dengan penyakit gusi dan pada 50% orang dengan gusi sehat. Pembentukan kista tidak ada, oleh karena itu transmisi langsung dari satu orang ke orang lain dengan mencium, atau dengan berbagi peralatan makan. Hanya trophozoites terbentuk dan ukurannya biasanya 10 mikrometer sampai 20 mikrometer diameter. Entamoeba gingivalis memiliki pseudopodia yang memungkinkan mereka untuk bergerak cepat. Inti bulat mereka adalah 2 sampai 4 mikrometer mikrometer dengan diameter dan berisi endosome pusat kecil. Ada vakuola makanan banyak dan mengandung puing-puing selular, sel darah dan bakteri.
Entamoeba gingivalis dan semua kerabat dalam keluarga Entamoeba adalah bentuk kehidupan kecil (mikroskopis) yang terkait dengan amuba. Dari enam yang sering ditemukan pada manusia, hanya satu yang diyakini menyebabkan penyakit serius. Entamoeba hystolytica dapat menyebabkan disentri amuba. Entamoeba gingivalis, bagaimanapun, tinggal di daerah antara gigi dan diyakini berhubungan dengan penyakit periodontal dan gingivitis.Itu diyakini bahwa mereka berada di mulut hampir setiap manusia dewasa.
Cara penularan Entamoeba gingivalis berasal dari menelan zat yang telah terkena dan membawa organisme. Itu mungkin berarti air minum yang membawa gingivalis Entamoeba. Hal ini juga mungkin terjadi jika Anda makan makanan yang telah terkontaminasi dengan itu. Karena organisme ini dianggap invasif (tidak menembus organisme inang) air dan makanan diperkirakan terkontaminasi melalui beberapa paparan kotoran dari organisme inang. Kontak oral adalah metode lain transmisi.



Entamoeba gingivalis diperkirakan makan mikroorganisme lainnya. yakni bakteri, leukosit dan eritrosit. Dalam aspek Entamoeba gingivalis memiliki hubungan simbiotik dengan tuan rumah. Dengan kata lain, tuan rumah menyediakan rumah dan makanan untuk Entamoeba gingivalis. Pada gilirannya mikroorganisme membantu untuk menjaga tingkat lain (yang berpotensi membahayakan) organisme berkurang. Melihat dari sudut pandang, Entamoeba gingivalis sangat membantu.
Tahap Kista
Entamoeba gingivalis seperti semua Entamoeba dalam hal ini memiliki dua tahap dalam siklus hidupnya. Salah satu tahap adalah tahap kista. Tahap ini juga kadang-kadang disebut tahap infektif. Itulah waktu ketika ada kemungkinan akan menyebar dari satu host ke yang lain. Organisme ini lebih kecil selama fase ini dan menghabiskan waktu makan dan menyimpan energi.
Tahap Tropozoit
Tahap lain dalam siklus hidup dari Entamoeba gingivalis merupakan tahap tropozoit. Selama fase ini, organisme bereproduksi. Seperti kerabat amoeba, Entamoeba gingivalis mereproduksi dengan memisahkan itu sendiri. Ini fase dari siklus hidup Entamoeba gingivalis dapat terlihat karena ukuran membengkak organisme dan menjadi memanjang. Ini menjadi dua organisme yang terpisah yang, pada awalnya, terhubung.

Siklus Hidup 


Download file klik disini

2 comments: